Alasan Shin Tae-yong Coret Stefano Lilipaly dari Skuad Timnas Indonesia untuk Piala Asia di Qatar

- 20 Desember 2023, 06:36 WIB
Stefano Lilipaly cetak tiga gol, saat Borneo FC gasak Dewa United.
Stefano Lilipaly cetak tiga gol, saat Borneo FC gasak Dewa United. /Instagram @borneofc/

PotensiBadung.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menerangkan alasannya mencoret Stefano Lilipaly dari skuad yang dipersiapkan untuk Piala Asia 2023.

Menurut Shin Tae-yong, kondisi fisik pemain Borneo FC Samarinda itu dinilainya kurang untuk dapat bersaing di level Asia.

Padahal, Stefano Lilipaly tampil cukup baik bersama Borneo FC dalam mengarungi kompetisi Liga 1 2023/2024.

Baca Juga: Polda Antisipasi Arus Datang dan Balik Nataru di Bali

Pesepakbola berusia 33 tahun kelahiran Belanda itu total sudah menyumbang sembilan gol, dan 11 assist dari 23 pertandingan bersama klubnya.

"Lilipaly adalah pemain yang sangat baik di liga. Saya telah melihat langsung, dan pasti perform sangat baik di liga. Tetapi, kalau kita melawan tim di atas kita, secara fisik pasti akan sangat lelah," kata Shin.

"Memang saya beberapa tahun ini saya melihat Lilipaly secara langsung, tetapi untuk di Piala Asia kelihatannya sangat susah untuk secara fisik," sambungnya.

Baca Juga: Rombongan Capres Anies Baswedan Alami Kecelakaan Aceh

Selain itu, banyak pihak juga bingung dengan keputusan juru taktik asal Korea Selatan itu yang memanggil kiper Persikabo 1973, Syahrul Trisna serta Pratama Arhan yang minim kesempatan bermain di Tokyo Verdy.

"Syahrul merupakan pemain yang sangat tenang saat pertandingan. Kemarin-kemarin sering bersaing dengan Nadeo (Argawinata), kadang Nadeo yang main, kadang Syahrul yang main," katanya.

"Tetapi, ketika Syahrul yang main, memang kemungkinan kebobolan makin sedikit dan kecil. Jadi, akhirnya saya memilih Syahrul terakhir ini," tambahnya.

Baca Juga: Berkas Penyerangan Kantor Satpol PP Kota Denpasar Dikebut

Sedangkan Arhan, dikatakannya, selain merasa masih memerlukan lemparan jarak jauh sang pemain, ia juga menilai keputusannya memanggil Arhan ke timnas agar karir mantan pemain PSIS Semarang itu tidak semakin menurun.

"Arhan memang pemain yang baik. Kalau dia bisa bermain di Tokyo Verdy tentu performa akan lebih baik lagi dari sekarang. Tapi, ya karena itu performa Arhan semakin turun," kata Shin.

"Tetapi jika dari timnas pun tidak memilih dia, performa dia akan benar-benar jeblok. Jadi, saya memang sengaja pilih untuk masa depan sepak bola Indonesia," tambahnya.

Baca Juga: Polda Bali Perintahkan Jajaran Sweeping Petasan dan Kembang Api

Timnas Indonesia rencananya akan berangkat ke Turki untuk melakukan pemusatan latihan, pada Rabu, 12 Desember 2023. Kemudian, menuju Qatar untuk bertarung di Piala Asia.

Meski Indonesia berada di grup yang cukup berat bersama Jepang, Irak, dan Vietnam, Shin Tae-yong optimistis dengan target tembus fase 16 besar yang dibebankan kepadanya.

"Target kami adalah 16 besar. Untuk itu, saya akan berusaha dan tim ini juga demikian. Tetapi di Piala Asia ini, Indonesia yang terendah saat ini secara peringkat FIFA," katanya.

"Lawan pun tim-tim yang baik. Begitu juga tim yang ada di grup kita. Jadi, kamu tidak akan meremehkan lawan, dan kami akan lebih berusaha untuk persiapan lebih lengkap lagi," sambungnya. ***

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah