Pasca Kebakaran, Lapas Kerobokan Lakukan Mitigasi Bencana Kebakaran

- 31 Maret 2024, 16:25 WIB
Pasca Kebakaran, Lapas Kerobokan Lakukan Mitigasi Bencana Kebakaran
Pasca Kebakaran, Lapas Kerobokan Lakukan Mitigasi Bencana Kebakaran /Istimewa

PotensiBadung.com - Dalam upaya meningkatkan kesadaran terhadap keamanan dan ketertiban di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kerobokan, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali, dilakukan pelatihan dan penyuluhan tentang cara pemadaman api dan penyelamatan bila terjadi kebakaran. Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Gusti Ngurah Rai, Lapas Kerobokan pada hari Kamis (28/09/2024).

Sebelum kegiatan dimulai, Petugas melakukan pengecekan dan uji kelayakan seluruh Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Lapas Kelas IIA Kerobokan, dilanjutkan dengan pelatihan dan penyuluhan tentang cara pemadaman api dan penyelamatan bila terjadi musibah kebakaran.

Baca Juga: Kakanwil Bali Bersama Stafsus Menkumham Kunjungi Imigrasi Ngurah Rai, Ada Apa ?

Baca Juga: Tulisan Lengkap Azrul Ananda Terkait Penundaan Liga 1: Bang Erick Sedang Under Pressure

Selama pelatihan, peserta diberi pembekalan materi mengenai unsur api, proses terjadinya api, klasifikasi api, serta Standar Operasional Prosedur (SOP) dan perawatan APAR. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan petugas dalam menghadapi situasi darurat, serta meningkatkan pengetahuan tentang tata cara pemadaman api dan penyelamatan saat terjadi kebakaran.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Kerobokan, RM Kristyo Nugroho menjelaskan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas Lapas Kelas IIA Kerobokan dalam menghadapi situasi darurat dengan pembekalan materi Standar Operasional Prosedur (SOP) dan perawatan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), khususnya dalam tindakan pemadaman api dan penyelamatan saat terjadi kebakaran.

Baca Juga: Persib Bandung Bisa Diuntungkan Penundaan Liga 1, Beckham Putra, Ciro Cidera, Marc Klok Cidera, David da Silva

Baca Juga: Beckham Putra Alami Patah Tulang? Senin Besok Jalani CT-Scan

"Agenda ini sebagai langkah deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban serta penanggulangan bencana di Lapas. Semua ini merupakan langkah menuju peningkatan kinerja bagi petugas Lapas Kelas IIA Kerobokan semakin PASTI", ujar Kalapas.

Halaman:

Editor: Ariex Pratama


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah