Tanda Kiamat Kemunculan Imam Mahdi Dikaitkan dengan Gerhana di Bulan Ramadan, Ini Penjelasan Buya Yahya

- 17 Maret 2024, 12:16 WIB
Terdapat dua gerhana yang akan terjadi di bulan Ramadan, dikaitkan dengan tanda kiamat kemunculan Imam Mahdi.
Terdapat dua gerhana yang akan terjadi di bulan Ramadan, dikaitkan dengan tanda kiamat kemunculan Imam Mahdi. /ilustrasi/Pexels.

PotensiBadung.com - Dua fenomena alam dikabarkan akan menghiasi Ramadan 2024, yakni Gerhana bulan dan matahari akan terjadi di tengah bulan suci ini.

Menurut Peneliti Pusat Riset Antariksa, Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, Farahhati Mumtahana, dua fenomena astronomi itu tidak bisa diamati di Indonesia.

Dua gerhana yang diperkirakan terjadi di bulan Ramadan 1445 Hijriyah ini, yakni gerhana bulan penumbra pada 24-25 Maret, dan gerhana matahari total (GMT) pada 8 April 2024.

Baca Juga: Buka Puasa Minum atau Baca Doa Dulu, Mana yang Benar? Ini Kata Ustadz Adi Hidayat

"Ada juga fenomena gerhana di tahun 2024, tetapi sayangnya tidak melintas di wilayah Indonesia. Tetapi, dapat dijadikan pertimbangan jika ingin merencanakan wisata atau ekspedisi mengejar gerhana," kata Farah, dikutip dari laman BRIN.

Kedatangan Imam Mahdi

Peristiwa gerhana di bulan Ramadan selalu ada yang mengaitkan dengan kedatangan Imam Mahdi sebagai satu di antara tanda kiamat.

Pendakwah asal Cirebon KH. Yahya Zainul Ma'rif alias Buya Yahya sempat mendapatkan pertanyaan soal ini oleh seorang jamaahnya.

"Saya hampa Allah, izin bertanya mengenai isu yang berkembang di tengah umat mengenai gerhana di bulan Ramadhan, yang dikaitkan dengan kemunculan Imam Mahdi," kata penanya, seperti dikutip dari kanal YouTube Al Bahjah TV.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah