Surga Tersembunyi di Bali Barat Menyimpan Keindahan Bawah Laut yang Memesona, Cocok Buat Snorkeling

- 28 Maret 2024, 13:13 WIB
Surga Tersembunyi di Bali Barat Menyimpan Keindahan Bawah Laut yang Memesona, Cocok Buat Snorkeling
Surga Tersembunyi di Bali Barat Menyimpan Keindahan Bawah Laut yang Memesona, Cocok Buat Snorkeling /Instagram @ayodolan

PotensiBadung.com - Salah satu surga tersembunyi di sebelah barat pulau Bali adalah Pulau Menjangan. Pulau ini tidak hanya dijadikan sebagai kawasan Taman Nasional di Bali Barat tetapi juga menjadi kawasan wisata spiritual yang cukup dikenal di kalangan penekun spiritual karena terdapat belasan pura di area ini.

Pulau Menjangan terletak di Sumber Klampok, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Pulau kecil dengan luas sekitar 165 hektar ini tak berpenghuni dan lokasinya pun terpencil.

Wisatawan harus menyebrang dengan perahu motor berkapasitas 10 orang untuk bisa berkunjung ke pulau ini. Penyebrangan dapat ditempuh melalui Pelabuhan Banyumandi dan Pelabuhan Labuhan Lalang dengan waktu tempuh sekitar 30-45 menit.

Baca Juga: AWK Sudah Bersih-bersih Barang Di Kantor DPD Bali, Akan Ditempati Ambara Putra

Selama dalam perjalanan laut, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan pesisir yang sangat indah dengan birunya air laut dan kekayaan biota laut yang nampak dari permukaan airnya.

Penyebab adanya gradasi warna pada air laut  di Pulau Menjangan yang memanjakan mata, karena di dasar laut terdapat banyak terumbu karang yang tumbuh subur di dasar laut. Terumbu karang yang masih alami ini dihuni oleh ribuan jenis biota laut dan jutaan ikan berwarna-warni dan beraneka jenis.

Memang daya tarik utama dari Pulau Menjangan terdapat pada keindahan pemandangan alam bawah lautnya yang memesona sehingga pulau ini menjadi salah satu lokasi terbaik untuk tempat Snorkeling dan Menyelam di Pulau Bali.

Baca Juga: Amalan Bagi Wanita yang Sedang Haid di Bulan Ramadhan Kata Ustadzah Halimah Alaydrus, Tetap Raih Keberkahan

Baca Juga: Estafet Kepemimpinan di Kanwil Kemenkumham Bali dari Romi Yudianto kepada Pramella Yunidar Pasaribu

Selain itu, di pulau ini juga terdapat beberapa Pura yang dibuat dengan cara alami yang juga dikenal sebagai Gili Menjangan. Sesuai dengan namanya, di pulau ini juga terdapat Menjangan atau sejenis rusa liar.

Halaman:

Editor: Ariex Pratama

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah