Studi: Rasa Kantuk yang Timbul Terus Menerus dapat Membuat Seseorang Merasa Satu Dekade Lebih Tua

- 31 Maret 2024, 21:08 WIB
Ilustrasi seorang perempuan merasakan kantuk dan menguap. Pixabay.
Ilustrasi seorang perempuan merasakan kantuk dan menguap. Pixabay. /Pixabay//

PotensiBadung.com - Dalam sebuah studi disebutkan, bahwa rasa kantuk yang timbul terus menerus dapat mebuat seseorang merasa satu dekade lebih tua, akibat kekurangan waktu tidur yang berkualitas.

Seperti dilansir dari Medical Daily, sebuah studi yang diterbitkan menjadi dua bagian dalam jurnal limiah Proseedings of the Royal Society B, para peneliti di Universitas Stokholm menyelidiki hubungan antara cara seseorang memandang usia, dan tidurnya yang hasilnya terbukti memiliki hungan satu sama lain.

Rasa kantuk dapat membuat seseorang merasa satu dekade lebih tua. Hanya kurang tidur dalam waktu dua malam saja, seseorang dapat merasakan usia bertambah empat tahun lebih tua.

Baca Juga: KPU Sebut Jadwal Pendaftaran Calon Kepala Daerah Independen Dibuka pada 5 Mei

“Mengingat tidur sangat penting untuk fungsi otak, dan kesejahteraan secara keseluruhan, kami memutuskan untuk menguji apakah tidur menyimpan rahasia untuk menjaga rasa awet muda," kata peneliti dari Departemen Psikologi Universitas Stockholm, Leonie Balter.

"Usia lebih dari sekedar persepsi. Kami tahu mereka yang merasa lebih muda dari usia sebenarnya, hidup lebih sehat dan lebih lama,” tambahnya.

Pada bagian pertama penelitian, tim mengevaluasi 429 orang berusia antara 18 dan 70 tahun.

Para peserta ditanyai tentang persepsi subjektif mereka mengenai usia, frekuensi kurang tidur pada bulan sebelumnya, dan tingkat kantuk mereka.

Baca Juga: Menhub Minta Tradisi Balon Udara Sambut Lebaran di Jateng Diawasi

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah