Sucikan Jiwa dan Pikiran, WBP Lapas Narkotika Bangli 'Melukat'

- 24 April 2024, 20:20 WIB
Sucikan Jiwa dan Pikiran, WBP Lapas Narkotika Bangli "Melukat"
Sucikan Jiwa dan Pikiran, WBP Lapas Narkotika Bangli "Melukat" /Istimewa

PotensiBadung.com - Melukat merupakan salah satu tradisi atau upacara yang biasa dilaksanakan oleh umat Hindu di Bali. Hal ini dimaksudkan untuk menyucikan jiwa dan pikiran dari hal-hal yang tidak baik.

Berkaitan dengan hal tersebut, Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Bangli, Kanwil Kemenkumham Bali melaksanakan kegiatan melukat dan persembahyangan bersama di Pura Lapas, yang bertepatan dengan hari Suci Purnama Jyestha, Anggara Kasih Wuku Tambir dan Kajeng Kliwon, Selasa (23/04).

Kegiatan melukat ini dipimpin langsung oleh Jro Mangku Wayan Sudarma dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangli. Beliau menyampaikan bahwa hari ini merupakan hari baik.

Baca Juga: Komitmen Menjadi WNI dan Mengabdi NKRI, Kakanwil Kemenkumham Bali Ambil Sumpah WNA

Baca Juga: Pertamina Patra Niaga Pastikan Pasokan Avtur di Bandara Ngurah Rai Bali Aman

"Hari ini bertepatan dengan hari Purnama Jiyestha, Anggara Kasih (Tambir) dan Kajeng Kliwon, sehingga hari yang baik untuk kita melaksanakan pemelukatan," ucap Jro Mangku Wayan Sudarma.

Beliau mengatakan bahwa melukat ini memiliki tujuan untuk menyegarkan pirikan dari hal-hal negatif. sehingga sangat baik untuk warga binaan yang membutuhkan ketenangan jiwa dan pikiran selama menjalani masa pidana.

Sebelum melaksanakan kegiatan melukat, warga binaan terlebih dahulu melaksanakan persembahyangan bersama. Setelah dilaksanakan persembahyangan, sebanyak 80 Warga Binaan langsung mengikuti kegiatan melukat secara bergantian.

Baca Juga: Purnama Sasih Jiyestha, Kanwil Kemenkumham Bali Lakukan Persembahyangan Bersama

Halaman:

Editor: Ariex Pratama


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah