Liberty Media Resmi Membeli MotoGP

- 1 April 2024, 20:55 WIB
Ilustrasi balapan MotoGP. Liberty Media resmi membeli MotoGP dari Dorna Sports.
Ilustrasi balapan MotoGP. Liberty Media resmi membeli MotoGP dari Dorna Sports. /Reuters-/Andrew Boyers/hp

PotensiBadung.com - Ajang balap motor populer di dunia, MotoGP resmi dibeli oleh Liberty Media (pemilik balapan Formula 1) dari Dorna Sports.

Itu artinya, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut menguasai dua ajang balapan terbesar di dunia, yakni MotoGP dan F1.

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

Baca Juga: Nathan Tjoe-A-On Jadi Nama Terakhir yang Dipanggil Shin Tae-yong untuk Bela timnas Indonesia di Piala Asia U23

"Liberty Media Corporation telah mengumumkan kesepakatan untuk mengakuisisi MotoGP. Akuisisi kejuaraan balap motor terkemuka dunia memperluas portofolio aset olahraga global berkualitas tinggi Liberty Media," demikian tulis pernyataan resmi MotoGP, pada Senin, 1 April 2024.

Meski resmi menjadi pemilik baru MotoGP, Liberty Media tetap memberi keleluasaan pada Dorna untuk mengelola MotoGP, Moto2, dan Moto3.

Nama Carmelo Ezpeleta bahkan tetap menjabat posisi sebagai CEO Dorna Sports.

Baca Juga: Sebelum Tampil di Piala Asia U23, Tim Asuhan Shin Tae-yong Malam Ini Bertolak ke Dubai

"Perjanjian baru ini akan menjadikan Dorna Sports, pemegang hak komersial dan televisi eksklusif MotoGP, tetap menjadi perusahaan independen yang dikaitkan dengan tracking stock Formula One Group Liberty Media," bunyi keterangan tersebut.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x