Kabar Gembira, Wisman ke Bali Tembus 1,3 Juta pada Triwulan I 2024

- 8 April 2024, 12:58 WIB
Potret Kepala Kantor Imigrasi Kelas I I Gusti Ngurah Rai
Potret Kepala Kantor Imigrasi Kelas I I Gusti Ngurah Rai /Istimewa

PotensiBadung.com - Kabar gembira bagi industri dan pelaku pariwisata Bali. Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali terus meningkat dalam periode triwulan pertama tahun 2024, mencapai angka luar biasa sebanyak 1,3 juta.

Capaian ini diumumkan melalui laporan kinerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Ngurah Rai. Angka tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 31,98% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Menurut Suhendra, Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai, tren positif kunjungan wisman ke Bali masih berlanjut. Data dari sistem perlintasan keimigrasian menunjukkan bahwa sebanyak 3 juta pelintas telah melalui TPI Bandara I Gusti Ngurah Rai pada triwulan I tahun 2024.

Baca Juga: Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Bali, Kanwil Kemenkumham Bali Lakukan Koordinasi dengan DJKI

Baca Juga: Lapas Singaraja Ikuti Moralitas Pelatihan Budi Pekerti Bangsa Indonesia

"Dari jumlah tersebut, 1,3 juta wisman telah tiba di Bali, dengan rincian kedatangan WNA sebanyak 1.355.814, dan kedatangan WNI sebanyak 103.804. Sedangkan keberangkatan WNA mencapai 1.389.251 dan WNI sebanyak 98.520," ujar Suhendra.

Sepuluh negara teratas yang menyumbang kunjungan terbanyak ke Bali antara lain Australia, Tiongkok, India, Korea Selatan, Inggris, Amerika Serikat, Malaysia, Rusia, Singapura, dan Jepang. Lonjakan kunjungan wisman ini juga berdampak positif terhadap Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Imigrasi Ngurah Rai yang mencapai Rp 483,5 Miliar.

Suhendra menambahkan bahwa proses kedatangan wisman ke Indonesia semakin dipermudah berkat inovasi dari Direktorat Jenderal Imigrasi, seperti pengajuan visa secara online dan penggunaan autogate di terminal kedatangan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Baca Juga: Kemenkumham Bali Gelar Apel Siaga dan Razia Gabungan di Lapas Kelas IIB Singaraja, Ada Apa ?

Halaman:

Editor: Ariex Pratama


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah